|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Hukum Posted by [email protected] at 22/09/2014 14:27:35 • 3567 Views
UNSUR KEKERASAN TERHADAP ANAK DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANACreated by :
NORMA NUR INDAH SARI ( 2010 41 063 )
Subject: | UNSUR KEKERASAN TERHADAP ANAK DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA | Alt. Subject : | UNSUR KEKERASAN TERHADAP ANAK DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA | Keyword: | anak kekerasan dalam pendidikan perlindungan anak |
Description:
Anak adalah makhluk sosial seperti juga orang dewasa. Anak membutuhkan
orang lain untuk dapat mengembangkan kemampuannya, karena anak lahir
dengan segala kelemahan sehingga tanpa orang lain anak tidak mungkin dapat
mencapai taraf kemanusiaan yang normal. Sekolah merupakan salah satu lembaga
formal yang juga berperan penting dalam tumbuh kembang anak di bidang
pendidikan khususnya. Unsur yang tidak dapat dipisahkan dari lembaga ini ialah
peran penting Guru dalam mentransfer ilmu yang juga memberikan bimbingan
pembentukan karakter seorang murid. Namun ada kalanya, kedua unsur tersebut
berjalan dengan tidak baik. Guru sering menggunakan kekerasan dalam mendidik
ataupun mendisiplinkan sikap murid yang melanggar ketertiban di lingkungan
sekolah. Selama berabad-abad, kekerasan telah menjadi ciri yang biasa dari
kehidupan sekolah, namun dipertengahan abad kedua puluh, kekerasan terhadap
anak-anak telah semakin dianggap sebagai pelanggaran hak-hak dasar meraka;
terutama hak keselamatan fisik dan keamanan psikologis serta kesejahteraannya.
Melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak,
Negara telah mengupayakan semaksimal mungkin payung bagi para murid di
sekolah untuk menghindari adanya tindakan kekerasan di lembaga formal
tersebut. Namun nampaknya, hal ini kemudian tidak menjadi perhatian khusus
bagi beberapa oknum Guru maupun orang tua pada kenyataanya. Mereka seakan
membenarkan tindakan kekerasan tersebut sebagai sarana didik yang layak
diperlakukan kepada seorang anak yang dinilai melanggar peraturan di
lingkungan sekolah. Dengan penelitian normatif research Penulis mencoba untuk
mengkaji sebab-akibat serta dampak dari kekerasan yang terjadi di lingkungan
sekolah tersebut dengan mengkaitkan dari beberapa putusan yang diambil. Penulis
berpendapat jika seorang murid dikatakan melanggar suatu tata tertib di
lingkungan sekolah, seharusnya perangkat sekolah yang bersangkutan dapat
terlebih dahulu mengetahui dengan jelas sebab si murid melanggar aturan
tersebut, yang kemudian dari alasan si murid tersebut, perangkat sekolah dapat
mengklasifikasikan sanksi hukum apa yang pantas diberikan kepada si murid
pelanggar tata tertib tersebut dengan membedakan gender dan usia serta
menghindari terjadinya kekerasan fisik maupun psikis terhadap anak murid
pelanggar tersebut. Untuk mengurangi terjadinya tindak kekerasan tersebut
sebagai bentuk kedisiplinan perlu dibangun komunikasi yang sehat antara guru
dan murid, memberikan hukuman yang positif bagi murid yang melanggar tata
tertib dengan penerapan sanksi yang sesuai dengan beban kesalahan yang
dilakukan. Guru juga harus bisa mengendalikan emosiya sehingga dapat
mendorong keterampilannya untuk berhubungan dengan orang lain serta
berdaptasi dengan tuntutan lingkungan sekitar.
Kata kunci : anak, kekerasan dalam pendidikan, perlindungan anak.
Date Create | : | 22/09/2014 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-undergraduit_2010 41 063 | Collection ID | : | undergraduit_2010 41 063 |
Source : Undergraduate these law of faculty
Relation Collection: Universitas Esa Unggul
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : copyright2014@esaunggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/unsur-kekerasan-terhadap-anak-dalam-tinjauan-undangundang-nomor-23-tahun-2002-tentang-perlindungan-anak-dan-kitab-undangundang-hukum-pidana-3072.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-3072-COVER.pdf - 38 KB
- UEU-Undergraduate-3072-SURAT PERNYATAAN.pdf - 35 KB
- UEU-Undergraduate-3072-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - 952 KB
- UEU-Undergraduate-3072-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - 228 KB
- UEU-Undergraduate-3072-ABSTRAK.pdf - 30 KB
- UEU-Undergraduate-3072-KATA PENGANTAR.pdf - 33 KB
- UEU-Undergraduate-3072-DAFTAR ISI.pdf - 32 KB
- UEU-Undergraduate-3072-DAFTAR GAMBAR.pdf - 29 KB
- UEU-Undergraduate-3072-DAFTAR TABEL.pdf - 28 KB
- UEU-Undergraduate-3072-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - 29 KB
- UEU-Undergraduate-3072-LAMPIRAN.pdf - 2315 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-3072-BABI.pdf - 56 KB 2. UEU-Undergraduate-3072-BABII.pdf - 65 KB 3. UEU-Undergraduate-3072-BABIII.pdf - 378 KB 4. UEU-Undergraduate-3072-BABIV.pdf - 81 KB 5. UEU-Undergraduate-3072-BABV.pdf - 46 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 6
Total Visitor : 1970004
Hits Today : 63336
Total Hits : 154479664
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|