EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : library@esaunggul.ac.id
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
perpus@esaunggul.ac.id








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi


Annisa




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » Hukum
Posted by annisa0546@yahoo.com at 30/08/2019 16:21:29  •  139 Views


PILIHAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DI PROVINSI DKI JAKARTA

Created by :
FITRIA OLIVIA, SH, MH ( 201070171 )



SubjectHUKUM
PENYELESAIAN SENGKETA
Alt. Subject LAW
DISPUTE RESOLUTION
KeywordHUKUM KONSUMEN

Description:

Penelitian ini berfokus pada pilihan penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) . Sebagaimana yang tercantum di dalam Pasal 23 Undang-Undang no. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bahwa konsumen dapat menggugat sengketa konsumen melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) atau menggugat ke badan peradilan di tempat kedudukan konsumen. Terdapat 3 (tiga) pilihan penyelesaian sengketa konsumen di luar jalur pengadilan melalui BPSK yaitu: Konsiliasi, Mediasi, dan Arbitrase, di mana pilihan penyelesaian yang akan digunakan berdasarkan kesepakatan para pihak yang bersengketa. Dalam skripsi ini, permasalahan yang akan dibahas adalah Pilihan penyelesaian sengketa konsumen yang manakah yang lebih banyak digunakan/dipilih para pihak bersengketa yang diajukan ke BPSK Provinsi DKI Jakarta dari awal Tahun 2007 sampai dengan akhir Tahun 2008 dan Apakah yang menjadi penyebab Pilihan penyelesaian sengketa konsumen tersebut lebih banyak digunakan/dipilih oleh para pihak bersengketa yang diajukan ke BPSK Provinsi DKI Jakarta. Dalam membuat skripsi ini penulis menggunakan tipe penelitian empiris, di mana dalam hal ini penulis melakukan penelitian dengan mencari data-data di kantor BPSK Provinsi DKI Jakarta dan juga mewawancarai konsumen yang pernah mengajukan penyelesaian sengketa konsumen ke BPSK Provinsi DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari awal Tahun 2007 sampai dengan akhir Tahun 2008 yang memilih penyelesaian dengan cara mediasi sebanyak 142 perkara, konsiliasi sebanyak 11 perkara, dan arbitrase sebanyak 6 perkara; faktor penyebab mediasi lebih banyak dimilih/digunakan karena asal memilih/langsung memilih, saran dari pengacara, dan saran dari pihak BPSK. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa para pihak yang bersengketa lebih memilih mediasi sebagai penyelesaian yang terbaik dan dalam memilih masyarakat memiliki sifat yang hanya ingin perkaranya cepat selesai saja dan sifat yang menyerahkan penyelesaian masalah kepada orang yang lebih mengetahui/ahlinya. Saran-saran yang diberikan oleh penulis yaitu: di masa mendatang diharapkan pihak BPSK lebih serius dan tegas di dalam melaksanakan tugas dan wewenang BPSK dan juga melaksanakan ketepatan waktu penyelesaian yang telah ditetapkan yaitu 21 hari kerja sejak diterimanya gugatan, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan harus membuat ulang buku Referensi BPSK tersebut yang isinya tidak menyimpang dari apa yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan, pemerintah sebaiknya mengganti/menambahkan peraturan-peraturan yang telah ada mengenai BPSK dalam hal membuat cara penyelesaian menjadi berjenjang dan memberi ketegasan kepada pelaku usaha untuk tidak dapat menolak penyelesaian sengketa konsumen melalui BPSK jika telah diajukan oleh konsumen, peran pihak BPSK dan pihak akademisi di bidang hukum (mahasiswa-mahwasiswa dan dosen-dosen Fakultas Hukum) lebih ditingkatkan dalam mempromosikan atau mensosialisasikan lembaga BPSK.

Date Create:30/08/2019
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0414
Collection ID:16_0414


Source :
LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Hukum

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2019 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/pilihan-penyelesaian-sengketa-konsumen-melalui-badan-penyelesaian-sengketa-konsumen-bpsk-di-provinsi-dki-jakarta-13343.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-13343-16_0414.pdf - 1130 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

HUKUM , HUKUM KONSUMEN , KONSUMEN



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




28496795


Visitors Today : 19
Total Visitor : 1961464

Hits Today : 9552
Total Hits : 28496795

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2020 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan