|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Hukum Posted by [email protected] at 30/08/2019 16:21:29 • 1254 Views
PILIHAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DI PROVINSI DKI JAKARTACreated by :
FITRIA OLIVIA, SH, MH ( 201070171 )
Subject: | HUKUM PENYELESAIAN SENGKETA | Alt. Subject : | LAW DISPUTE RESOLUTION | Keyword: | HUKUM KONSUMEN |
Description:
Penelitian ini berfokus pada pilihan penyelesaian sengketa konsumen di luar
pengadilan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) . Sebagaimana
yang tercantum di dalam Pasal 23 Undang-Undang no. 8 Tahun 1999 tentang
Perlindungan Konsumen, bahwa konsumen dapat menggugat sengketa konsumen
melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) atau menggugat ke badan
peradilan di tempat kedudukan konsumen. Terdapat 3 (tiga) pilihan penyelesaian
sengketa konsumen di luar jalur pengadilan melalui BPSK yaitu: Konsiliasi, Mediasi,
dan Arbitrase, di mana pilihan penyelesaian yang akan digunakan berdasarkan
kesepakatan para pihak yang bersengketa. Dalam skripsi ini, permasalahan yang akan
dibahas adalah Pilihan penyelesaian sengketa konsumen yang manakah yang lebih
banyak digunakan/dipilih para pihak bersengketa yang diajukan ke BPSK Provinsi
DKI Jakarta dari awal Tahun 2007 sampai dengan akhir Tahun 2008 dan Apakah
yang menjadi penyebab Pilihan penyelesaian sengketa konsumen tersebut lebih
banyak digunakan/dipilih oleh para pihak bersengketa yang diajukan ke BPSK
Provinsi DKI Jakarta. Dalam membuat skripsi ini penulis menggunakan tipe
penelitian empiris, di mana dalam hal ini penulis melakukan penelitian dengan
mencari data-data di kantor BPSK Provinsi DKI Jakarta dan juga mewawancarai
konsumen yang pernah mengajukan penyelesaian sengketa konsumen ke BPSK
Provinsi DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari awal Tahun 2007
sampai dengan akhir Tahun 2008 yang memilih penyelesaian dengan cara mediasi
sebanyak 142 perkara, konsiliasi sebanyak 11 perkara, dan arbitrase sebanyak 6
perkara; faktor penyebab mediasi lebih banyak dimilih/digunakan karena asal
memilih/langsung memilih, saran dari pengacara, dan saran dari pihak BPSK.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa para pihak yang bersengketa lebih memilih
mediasi sebagai penyelesaian yang terbaik dan dalam memilih masyarakat memiliki
sifat yang hanya ingin perkaranya cepat selesai saja dan sifat yang menyerahkan
penyelesaian masalah kepada orang yang lebih mengetahui/ahlinya. Saran-saran yang
diberikan oleh penulis yaitu: di masa mendatang diharapkan pihak BPSK lebih serius
dan tegas di dalam melaksanakan tugas dan wewenang BPSK dan juga melaksanakan
ketepatan waktu penyelesaian yang telah ditetapkan yaitu 21 hari kerja sejak
diterimanya gugatan, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan harus membuat
ulang buku Referensi BPSK tersebut yang isinya tidak menyimpang dari apa yang
telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan, pemerintah sebaiknya
mengganti/menambahkan peraturan-peraturan yang telah ada mengenai BPSK dalam
hal membuat cara penyelesaian menjadi berjenjang dan memberi ketegasan kepada
pelaku usaha untuk tidak dapat menolak penyelesaian sengketa konsumen melalui
BPSK jika telah diajukan oleh konsumen, peran pihak BPSK dan pihak akademisi di
bidang hukum (mahasiswa-mahwasiswa dan dosen-dosen Fakultas Hukum) lebih
ditingkatkan dalam mempromosikan atau mensosialisasikan lembaga BPSK.
Date Create | : | 30/08/2019 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0414 | Collection ID | : | 16_0414 |
Source : LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN
Relation Collection: Fakultas Ilmu Hukum
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2019 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pilihan-penyelesaian-sengketa-konsumen-melalui-badan-penyelesaian-sengketa-konsumen-bpsk-di-provinsi-dki-jakarta-13343.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-13343-16_0414.pdf - 1130 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970112
Hits Today : 42038
Total Hits : 157385653
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|