EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Public Relation
Posted by [email protected] at 24/01/2020 14:00:34  •  911 Views


PENGEMBANGAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS MENGGUNAKAN PENDEKATAN MARKETING MIX DAN SOSTAC, STUDI KASUS: PARIWISATA BELITUNG

Created by :
HERDI ANDRARILADCHI ( 201552098 )



SubjectWISATA
PENGELOLAAN
INFORMASI
Alt. Subject TOURISM
MANAGEMENT
INFORMATION
KeywordMARKETING MIX
STRATEGI
PARIWISATA

Description:

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi public relations di dalam pengembangan industri pariwisata dengan menggunakan pendekatan marketing mix dan SOSTAC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data diperoleh adalah dari wawancara yang dilakukan terhadap informan kunci. Selain itu, observasi lapangan, analisa sumber pustaka lainnya juga dilakukan, data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan pendekatan marketing mix dan SOSTAC dari perspektif public relations. Hasil analisa tersebut kemudian dianalisa lebih lanjut dengan menggunakan metode SWOT untuk dapat memetakan kondisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari pengembangan pariwisata di Belitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi aktual pariwisata Belitung secara umum belum melibatkan public relations dalam setiap prosesnya. Lemahnya identifikasi kebutuhan objek pariwisata untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, kontrol dan evaluasi dari setiap proses yang ada mengakibatkan pengembangan pariwisata Belitung tidak terarah dengan baik. Lemahnya komitmen transaparansi harga juga mengakibatkan munculnya persespi negatif dari wisatawan. Kemudian kurangnya komunikasi antar seluruh pemangku kepentingan menyebabkan kesalahan interpretasi dalam menterjemahkan konsep pengembangan pariwisata Belitung yang telah dituangkan kedalam Peraturan Daerah Kabupaten Belitung No.12 Tahun 2015. Setelah dianalisa lebih lanjut, maka dapat dipetakan: 1) Kekuatan pariwisata Belitung yaitu tingginya minat wisatawan untuk datang ke Belitung; kondisi alam dan pantai yang masih sangat alami; potensi objek wisata alam yang cukup beragam; kondisi aksesibilitas yang baik. Kemudian, 2) Kelemahan pariwisata Belitung adalah tidaknya adanya objek wisata malam hari yang mengakibatkan wisatawan tidak punya aktivitas dimalam hari; informasi yang tidak tersebar secara merata; amenitas yang masih kurang; hubungan antar pemangku kepentingan yang kurang harmonis; tidak adanya kontrol, evaluasi dan pembinaan yang berkala dari Dinas Pariwisata Belitung; transparansi harga yang masih rendah; kebersihan objek wisata yang sangat kurang. Selanjutnya, 3) Peluang yang dimiliki Belitung adalah: masuk dalam pengembangan pariwisata The New Bali yang dicanangkan oleh pemerintah pusat; pelibatan public relation dalam setiap aktivitas dan program kerja pengembangan pariwisata Belitung sinergi dari seluruh pemangku kepentingan, kondisi alam yang masih alami. Sedangkan untuk 4) Ancamannya adalah hubungan yang tidak harmonis antar pemangku kepenting; rendahnya komitmen seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga kebersihan objek wisata. Dari hasil analisa SWOT tersebut, maka strategi public relations yang dikembangkan adalah: membangun hubungan dan membina hubungan dengan seluruh pemangku kepentingan (management public relations); melakukan identifikasi atau memetakan potensi masalah yang mungkin dan akan terjadi serta memberikan solusinya (crisis public relations); melakukan pengawasan dan kontrol ke wisatawan (external public relations management); melakukan sosalisasi, publikasi dan public relations campaign.

Contributor:
  1. Bugi Satrio Adiwibowo,S.E.,M.I.Kom
Date Create:24/01/2020
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-201552098_
Collection ID:201552098_


Source :
Undergraduate Theses of Public Relation

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Komunikasi

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@Perpustakaan Universitas Esa Unggul 2020


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/pengembangan-strategi-public-relations-menggunakan-pendekatan-marketing-mix-dan-sostac-studi-kasus-pariwisata-belitung-14362.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-14362-cover.Image.Marked.pdf - 232 KB
  2.  UEU-Undergraduate-14362-pernyataan.Image.Marked.pdf - 175 KB
  3.  UEU-Undergraduate-14362-pengesahan.Image.Marked.pdf - 183 KB
  4.  UEU-Undergraduate-14362-persetujuan.Image.Marked.pdf - 168 KB
  5.  UEU-Undergraduate-14362-abstrak.Image.Marked.pdf - 454 KB
  6.  UEU-Undergraduate-14362-ucapan terima kasih.Image.Marked.pdf - 327 KB
  7.  UEU-Undergraduate-14362-daftar isi.Image.Marked.pdf - 501 KB
  8.  UEU-Undergraduate-14362-daftar tabel.Image.Marked.pdf - 444 KB
  9.  UEU-Undergraduate-14362-daftar gambar.Image.Marked.pdf - 445 KB
  10.  UEU-Undergraduate-14362-daftar pustaka.Image.Marked.pdf - 500 KB
  11.  UEU-Undergraduate-14362-lampiran.Image.Marked.pdf - 1459 KB
  12.  UEU-Undergraduate-14362-bab1.Image.Marked.pdf - 407 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-14362-bab2.Image.Marked.pdf - 766 KB
  2. UEU-Undergraduate-14362-bab3.Image.Marked.pdf - 586 KB
  3. UEU-Undergraduate-14362-bab4.Image.Marked.pdf - 1133 KB
  4. UEU-Undergraduate-14362-bab5.Image.Marked.pdf - 882 KB
  5. UEU-Undergraduate-14362-bab6.Image.Marked.pdf - 384 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

MARKETING , MARKETING MIX , MIX , PARIWISATA , STRATEGI



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




126362723


Visitors Today : 12
Total Visitor : 1967850

Hits Today : 76706
Total Hits : 126362722

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan