EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » PGSD
Posted by [email protected] at 15/01/2021 11:19:17  •  594 Views


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PADA SISWA SD NEGERI 2 PASIRKEMBANG

Created by :
Mutia Oktiani ( 201591070 )



SubjectPEMBELAJARAN
PENJUMLAHAN
PENGURANGAN BILANGAN
Alt. Subject LEARNING
ADDITION
NUMBER REDUCTION
KeywordModel Pembelajaran Index Card Match
Aktivitas Belajar
Pemahaman Konsep

Description:

Masih banyak sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran ceramah yang berpusat pada buku saja yang mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan menerapkan model pembelajaran index card match di kelas III SD Negeri 2 Pasirkembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri 2 Pasirkembang dengan jumlah siswa 28 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur dalam penelitian ini melalui dua siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari; (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran index card match, soal tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan, dan menggunakan lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran index card match. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran index card match pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan di kelas III SD Negeri 2 Pasirkembang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep. Hasil ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siklus I (61%), pada siklus II (88%) dan terjadi peningkatan sebesar (27%). Rata-rata hasil belajar pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan dann pengurangan bilangan pada siklus I (64%), pada siklus II (92%)

Contributor:
  1. Oktian Fajar Nugroho, M.Pd
Date Create:15/01/2021
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-201591070
Collection ID:201591070


Source :
Undergraduate Theses of PGSD

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@perpustakaan Universitas Esa Unggul 2021


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/penerapan-model-pembelajaran-index-card-match-dalam-meningkatkan-aktivitas-belajar-dan-pemahaman-konsep-penjumlahan-dan-pengurangan-bilangan-pada-siswa-sd-negeri-2-pasirkembang-17854.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-17854-Cover.Image.Marked.pdf - 131 KB
  2.  UEU-Undergraduate-17854-Halaman Pengesahan.Image.Marked.pdf - 318 KB
  3.  UEU-Undergraduate-17854-Halaman publikasi.Image.Marked.pdf - 295 KB
  4.  UEU-Undergraduate-17854-Halaman keasliaan.Image.Marked.pdf - 292 KB
  5.  UEU-Undergraduate-17854-Abstark.Image.Marked.pdf - 389 KB
  6.  UEU-Undergraduate-17854-kata pengantar.Image.Marked.pdf - 292 KB
  7.  UEU-Undergraduate-17854-Daftar isi.Image.Marked.pdf - 135 KB
  8.  UEU-Undergraduate-17854-Daftar pustaka.Image.Marked.pdf - 523 KB
  9.  UEU-Undergraduate-17854-lampiran.Image.Marked.pdf - 6681 KB
  10.  UEU-Undergraduate-17854-Bab1.Image.Marked.pdf - 495 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-17854-Bab2.Image.Marked.pdf - 763 KB
  2. UEU-Undergraduate-17854-Bab3.Image.Marked.pdf - 1274 KB
  3. UEU-Undergraduate-17854-Bab4.Image.Marked.pdf - 1051 KB
  4. UEU-Undergraduate-17854-Bab5.Image.Marked.pdf - 415 KB
  5. UEU-Undergraduate-17854-Bab6.Image.Marked.pdf - 296 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Aktivitas , Aktivitas Belajar , Belajar , Card , Index , Konsep , Match , Model , Model Pembelajaran Index Card Match , Pemahaman , Pemahaman Konsep , Pembelajaran



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




127382959


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1967945

Hits Today : 37669
Total Hits : 127382959

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan