Dalam proses perkuliahan mahasiswa membutuhkan motivasi dari berbagai macam dimensi. Kurangnya motivasi terkadang membuat mahasiswa menjadi malas untuk belajar. Untuk mengetahui motivasi yang mempengaruhi motivasi belajar pada Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan maka peneliti melakukan penelitian kepada mahasiswa angkatan 2015, 2016 dan 2017. Dengan menggunakan analisis deskriftif dengan teknik perhitungan angket MSLQ yaitu motivated Strategis of learning questionnaire oleh Taylor yang menghitung berdasarkan 6 dimensi perhitungan intrinsik, ekstrinsik, nilai tugas, mengendalikan pembelajaran, efikasi diri dan kecemasan. Dengan jumlah responden 130 mahasiswa. Data yang di peroleh dari 130 responden dengan menggunakan 6 dimensi mencapai rata-rata 72,53% dengan masing-masing perhitungan intrinsik 71,19%, ekstrinsik 79,69%, nilai tugas 76,50%, mengendalikan pembelajaran 77,73%, efikasi diri 76,46%, kecemasan 53,66%. Dari hasil 6 dimesi tersebut dimensi ekstrisikk memiliki hasil tertinggi sebagai motivasi yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar pada mahasiswa, dan kecemasan dimensi terendah yang mempengaruhi motivasi belajar pada mahasiswa.