|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » PGSD Posted by [email protected] at 03/12/2018 14:36:44 • 675 Views
PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM DISKUSI
KELOMPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN
IPS KELAS VCreated by :
FITRIA SAULIN ( 201491002 )
Subject: | SISWA METODE PELAJARAN | Alt. Subject : | STUDENTS METHODS LESSONS | Keyword: | partisipasi siswa dalam diskusi kelompok model
pembelajaran numbered head together |
Description:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya partisipasi siswa kelas V SDN
Tomang 11 saat mengikuti kegiatan pembelajaran terkhusus saat penerapan
diskusi kelompok. Hal tersebut ditunjukan melalui observasi proses pembelajaran
di dalam kelas serta melalui wawancara dengan wali kelas VA. Hal ini pun
diperkuat melalui data penilaian sikap siswa yang menunjukkan lebih dari 50%
siswa belum dapat menunjukan sikap yang baik saat proses pembelajaran IPS.
Selain itu temuan yang diperoleh peneliti dari hasil observasi, guru masih sering
menerapkan pembelajaran secara konvensional. Sehingga dari hal tersebut
dilaksanakan penelitian dengan tujuan meningkatkan partisipasi siswa dalam
diskusi kelompok dengan menerapkan model pembelajaran yang berbeda yaitu
meggunakan model Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur pengembangan model Kemmis
dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 30
siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua
kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, catatan harian,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan
statistik deskriptif dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu ≥75% atau
berada pada kategori baik pada akhir pembelajaran atau siklus. Hasil penelitian ini
pada siklus I, aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran NHT
memperoleh rata-rata sebesar 69,99%, dan partisipasi siswa dalam diskusi
kelompok memperoleh rata-rata sebesar 63,25%, meningkat pada siklus II dimana
aktivitas guru memperoleh rata-rata sebesar 84,16%, dan partisipasi siswa dalam
diskusi kelompok memperoleh rata-rata sebesar 78,03% atau telah berada pada
kategori baik. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran
Numbered Head Together dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi
kelompok pada mata pelajaran IPS kelas VA.
Date Create | : | 03/12/2018 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-201491002 | Collection ID | : | 201491002 |
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @perpustakaan Universitas Esa Unggul 2018
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/peningkatan-partisipasi-siswa-dalam-diskusikelompok-melalui-model-pembelajarannumbered-head-together-pada-mata-pelajaranips-kelas-v-12030.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-12030-Cover.Image.Marked.pdf - 135 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lembar Halaman Pengesahan.Image.Marked.pdf - 178 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lembar Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi.Image.Marked.pdf - 15791 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lembar Halaman Persembahan.Image.Marked.pdf - 138 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lembar Pernyataan Keaslian.Image.Marked.pdf - 14916 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lembar Ucapan Terima Kasih.Image.Marked.pdf - 16227 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Abstrak.Image.Marked.pdf - 147 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Daftar Isi - Daftar Lampiran.Image.Marked.pdf - 157 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Daftar Referensi.Image.Marked.pdf - 148 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 1 Analisis Pendahuluan (Wawancara).Image.Marked.pdf - 137 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 2 RPP.Image.Marked.pdf - 432 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 3 Validitas Instrumen Wawancara dan Observasi.Image.Marked.pdf - 372 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 4 Pernyataan Validator Instrumen Wawancara dan Obse.Image.Marked.pdf - 222 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 5 Observasi Aktivitas Guru dan Siswa.Image.Marked.pdf - 633 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 6 Rekapitulasi Hasil Observasi Partisipasi Siswa da.Image.Marked.pdf - 311 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 7 Catatan Harian.Image.Marked.pdf - 296 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 8 Dokumentasi.Image.Marked.pdf - 390 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 9 Surat Penelitian.Image.Marked.pdf - 233 KB
- UEU-Undergraduate-12030-Lampiran 10 Profil Sekolah.Image.Marked.pdf - 135 KB
- UEU-Undergraduate-12030-BAB I.Image.Marked.pdf - 259 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-12030-BABII.Image.Marked.pdf - 234 KB 2. UEU-Undergraduate-12030-BABIII.Image.Marked.pdf - 228 KB 3. UEU-Undergraduate-12030-BABIV.Image.Marked.pdf - 667 KB 4. UEU-Undergraduate-12030-BABV.Image.Marked.pdf - 143 KB 5. UEU-Undergraduate-12030-BABVI.Image.Marked.pdf - 142 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970112
Hits Today : 37820
Total Hits : 157381435
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|