|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Ilmu Gizi Posted by [email protected] at 03/02/2020 13:27:57 • 1468 Views
PENDIDIKAN GIZI SEIMBANG MELALUI PERMAINAN EDUKATIF MAGIS (MADING GIZI SEIMBANG), PANTI ASUHAN MIZAN AMANAH CIDODOLCreated by :
Nadiyah ( 0314128303 ) Nur Azizah Dudung Angkasa
Subject: | KESEHATAN GIZI | Alt. Subject : | HEALTH NUTRITION | Keyword: | MAGIS MADING GIZI SEIMBANG |
Description:
Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 di Indonesia menunjukkan sebanyak
11,2% anak usia 5-12 tahun tergolong kurus, sebanyak 30,7 % pendek dan 18,8 % kegemukan dan
obesitas. Global National Report 2014 menyebutkan bahwa Indonesia memiliki angka gizi kurang
maupun gizi lebih yang tinggi. Walaupun sudah terjadi penurunan prevalensi gizi kurang dan gizi
buruk pada anak usia 5-12 tahun dari tahun 2010 sebesar 47,8% menjadi 41,9% pada tahun 2013,
namun diikuti dengan peningkatan prevalensi gizi lebih pada tahun 2010 sebesar 9,2% menjadi
18,8% tahun 2013.
Lokasi pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini adalah Panti Asuhan Mizan Amanah Cidodol
Jakarta Selatan dengan hasil analisis situasi sebagai berikut; 1). Sebesar 20% anak asuh mengalami
stunting dan 10% mengalami wasting; 2). Merupakan panti asuhan yang memberikan uang saku
kepada anak-anak yatim setiap harinya sebagai uang jajan; 3). Belum pernah memperoleh
pendidikan gizi seimbang untuk anak asuh dari instansi manapun.
Luaran yang ingin dicapai adalah teridentifikasinya konsep pesan gizi seimbang yang
spesifik yang bisa disosialisasikan dengan lebih mudah melalui media games MAGIS (Mading Gizi
Seimbang). Sebagai kriterianya adalah adanya perbaikan pengetahuan anak terkait gizi seimbang
anak usia sekolah dasar setelah kegiatan abdimas, dibuktikan dengan hasil uji statistik yang
signifikan antara pre-test dengan post-test. Disamping itu, terpublikasinya kegiatan abdimas dalam
jurnal abdimas Universitas Esa Unggul. Secara konsep, kegiatan pengabdian masyarakat diawali
dengan analisis situasi dan masalah. Kegiatan dimulai dari tahap planning lalu organizing
kemudian actuating, diakhiri dengan evaluating. Penyuluhan mengenalkan konsep gizi seimbang
melalui permainan edukatif MAGIS. Kegiatan pada awalnya dimulai dari tahapan planning berupa
analisis situasi/masalah, dilengkapi dengan pencarian data terkait masalah dan pengumpulan data
lokasi kegiatan kemudian pengurusan perizinan lokasi penyuluhan. Pada tahap selanjutnya adalah
organizing meliputi kerja sama dengan pihak Mizan Amanah, kerja sama dengan pihak program
studi/universitas terkait persiapan media KIE, pelibatan mahasiswa dalam rangkaian kegiatan dan
pelibatan anak-anak yatim sebagai subjek dalam pengukuran status gizi dan assessment
pengetahuan gizi seimbang. Tahap ketiga adalah actuating/pelaksanaan kegiatan penyuluhan.
Diawali dengan pre-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap anak-anak asrama Mizan
Amanah mengenai gizi seimbang sebelum diberikan pendidikan gizi seimbang dan permainan
edukatif MAGIS. Setelah analisis masalah dilanjutkan dengan presentasi materi pendidikan yang
telah disiapkan dan permainan edukatif MAGIS. Actuating diakhiri dengan post-test untuk
mengukur tingkat pengetahuan dan sikap anak-anak asrama Mizan mengenai gizi seimbang setelah
diberikan pendidikan gizi seimbang. Tahap keempat adalah evaluating, berupa evaluasi hasil
kegiatan dengan cara membandingkan tingkat pengetahuan anak-anak sebelum diberikan
penyuluhan (pre-test) dengan setelah diberikan penyuluhan (post-test) untuk mengukur tingkat
keberhasilan kegiatan pendidikan gizi seimbang. Tahap kelima adalah reporting, berupa pembuatan
laporan kegiatan penyuluhan sebagai narasi/deskripsi kegiatan dan sebagai bukti telah
terselenggaranya kegiatan abdimas dilengkapi dengan dokumentasi kegiatan.
Dengan melibatkan pengurus Mizan Amanah Cidodol, kegiatan edukasi menyampaikan
konsep dan pola gizi seimbang spesifik untuk anak usia sekolah dasar untuk meningkatkan
pengetahuan dan sikap gizi anak asuh. Terdapat sedikit peningkatan pengetahuan gizi dan sikap
antara sebelum dan setelah kegiatan abdimas namun secara statistik tidak signifikan.
Date Create | : | 03/02/2020 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0463 | Collection ID | : | 16_0463 |
Source : LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Relation Collection: Fakultas Ilmu Kesehatan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2020 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pendidikan-gizi-seimbang-melalui-permainan-edukatif-magis-mading-gizi-seimbang-panti-asuhan-mizan-amanah-cidodol-14430.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-14430-16_0463.pdf - 2148 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
- PERBANDINGAN ASUPAN ENERGI DAN ZAT GIZI MAKRO PADA ANAK SD (6-12 TAHUN) BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN
ORANG TUA DI PROVINSI NTB & NTT (ANALISIS DATA
SEKUNDER RISKESDAS 2010)
- HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU SERTA KETERPAPARAN IKLAN SUSU FORMULA SELAMA KEHAMILAN TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA PAKUALAM, KECAMATAN PAKUHAJI, KABUPATEN TANGERANG
- PERBEDAAN ASUPAN SERAT DAN CAIRAN BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN, STATUS EKONOMI DAN STATUS GIZI PADA LANSIA DI PROVINSI RIAU (Analisis Data Sekunder Riskesdas Tahun 2010)
- HUBUNGAN KARAKTERISTIK, CITRA TUBUH DAN STATUS GIZI
PADA MAHASISWI TINGKAT II JURUSAN GIZI POLITEKNIK
KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
- HUBUNGAN KONSUMSI ENERGI, PROTEIN, FE, STATUS GIZI , KADAR HEMOGLOBIN (HB) DAN PRESTASI BELAJAR SANTRIWATI DI TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN BABUSSALAM PENIRAMAN KECAMATAN SUNGAI PINYUH KABUPATEN PONTIANAK TAHUN 2013
- PERBEDAAN KADAR HAEMOGLOBIN DAN KADAR ALBUMIN BERDASARKAN STATUS GIZI PENDERITA SCHIZOPHRENIA SETELAH DIBERIKAN DIET 3000 KKAL DI RS JIWA DR.SOEHARTO HEERDJAN JAKARTA
- PENGARUH SUBSTITUSI PASTA TEMPE DAN METODE PANGGANG TERHADAP NILAI GIZI, MASA SIMPAN, DAN DAYA TERIMA DONAT
- HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI, ASUPAN ENERGI SERTA PROTEIN DAN UMUR MENARCHE SISWI STRADA BUDI LUHUR USIA 9 � 13 TAHUN
- PERBANDINGAN STATUS GIZI REMAJA USIA 15-18 TAHUN DIPEDESAAN DAN DIPERKOTAAN DI PROVINSI JAWA TIMUR SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
- HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG
GIZI DENGAN STATUS GIZI ANAK DI KELAS A
TK.KUSUMA BANGSA CICURUG SUKABUMI
JAWA BARAT
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 2
Total Visitor : 1970038
Hits Today : 37187
Total Hits : 155280977
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|