|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Teknik Informatika Posted by [email protected] at 28/07/2021 17:01:45 • 395 Views
LAPORAN KEGIATAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT (INSIDENTAL) : INFORMATION LITERACY FOR TEACHING AND DAKWAH: NINE THINKING BIASES TO AVOIDCreated by :
Alfian, S.Pd., M.Pd ( 0327098703 )
Subject: | LITERASI INFORMASI PENGAJARAN | Alt. Subject : | INFORMATION LITERACY TEACHING | Keyword: | GURU DAKWAH |
Description:
Para Guru perlu mengetahui dan memahami dengan baik aspek Literasi Informasi
sehingga tidak terjadi Thinking Bias dalam memproses informasi. Thinking Bias seperti:
Confirmation Bias, Halo Effect, Hawthorne Effect, Negativity Bias, Bandwagon Effect,
Dunning Kruger Effect, Ikea Effect, Outcome Bias, and Planning Fallacy, jika tidak
diidentifikasi dan dihindari dapat mempersulit Guru untuk bertukar informasi secara akurat,
mendistorsi pemikiran kritis sehingga dapat mengarah pada kemungkinan kesalahpahaman
atau kesalahan informasi. Konsekuensi lain dari bias pikir adalah mungkin membuat para-Guru
menyukai beberapa pilihan dan menjadi bias terhadap pilihan lainnya. Dalam tahap
mendefinisikan kebutuhan informasi, Para Guru juga mungkin lebih memperhatikan beberapa
masalah dan mengabaikan atau mengawasi masalah lain karena mereka berada di bawah
pengaruh bias seperti persepsi selektif, efek ikut-ikutan, dan keengganan ambiguitas. Bias juga
mungkin membuat para Guru menyukai atau menghindari beberapa pilihan saat memilih dan
memilih informasi secara fisik/digital. Pada konteks aktivitas pembelajaran online, jika dalam
memproses informasi para-Guru kerap keliru dalam menarik kesimpulan, maka akan berakibat
pada kurang maksimalnya aktivitas pembelajaran yang dilakukan karena salah satu faktor yang
harus dijaga dalam aktivitas online adalah faktor komunikasi dua arah antara guru dengan siswa
yang harus dipastikan tidak terjadi salah paham dan salah dalam penarikan kesimpulan dari
suatu informasi.
Date Create | : | 28/07/2021 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0777 | Collection ID | : | 16_0777 |
Source : Laporan ABDIMAS, Juli 2021
Relation Collection: Fakultas Ilmu Komputer
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2021 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-kegiatan-program-pengabdian-masyarakat-insidental--information-literacy-for-teaching-and-dakwah--nine-thinking-biases-to-avoid-20945.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-20945-16_0777.pdf - 1771 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
No related subject found !
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 2
Total Visitor : 1970038
Hits Today : 35465
Total Hits : 155279255
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|