EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Keperawatan
Posted by [email protected] at 05/09/2013 11:03:40  •  3899 Views


PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP KEPUASANPASIEN DI RUANG RAWAT INAP RS THT DAN BEDAH PROF. NIZAR JAKARTA PUSAT

Created by :
L I Y A N A ( 200833015 )



SubjectKOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT
Alt. Subject KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT
KeywordKOMUNIKASI TERAPEUTIK
PERAWAT
KEPUASAN PASIEN

Description:

Pada profesi keperawatan komunikasi menjadi lebih bermakna karenamerupakan metoda utama dalam mengimplementasikan proses keperawatan. Perawat yang memiliki ketrampilan berkomunikasi secara terapeutiktidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan klien, mencegah terjadinya masalah legal, memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra rumah sakit (Achir Yani), perawat dalam memberikan asuhan keperawatan tidak terlepas dari (sikap dan perilaku) dalam berkomunikasi dengan pasien yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien, meskipun sarana dan prasarana pelayanan sering dijadikan ukuran mutu oleh pelanggan namun ukuran utama penilaian tetap sikap dan perilaku pelayanan yang ditampilkan oleh petugas. Penelitian ini dilakukan diruang rawat Rumah Sakit THT dan BEDAH PROF. NIZAR Jakarta Pusat pada bulan Februari 2010. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang (Cross Sectional) dengan jumlah responden 26 pasien untuk diminta pendapatnya tentang kepuasan pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat, dan 26 perawat untuk diminta pendapatnya tentang pelaksanaan komunikasi terapeutik. Analisisyang digunakan adalah analisis univariat untuk menganalisis karakteristik perawat (usia dan pendidikan), pasien (usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, lama rawat, dan kelas rawat). Analisis bivariat dengan uji regresi untuk menganalisis pengaruh antara komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden (perawat) berusia 26-35 tahun yaitu sebanyak 11 responden (42,3%), Responden berpendidikan D3 Keperawatan lulus < thn 2007 (96,2%). Mayoritas (pasien) berusia 17-27 tahun yaitu sebanyak 22 responden (85%), mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 13 responden (50%), mayoritas responden berpendidikan SMA yaitu sebanyak 14 responden (54%), mayoritas responden pekerjaan sebagai karyawan swasta yaitu sebanyak 15 responden (57,7%), mayoritas responden lama rawat 3 hari yaitu sebanyak 11 responden (42%), mayoritas responden kelas rawat kelas 2 yaitusebanyak 18 responden (69%). Dari uji regresi terdapat 22 responden (84,6%),menyatakan sering melakukkan tahap � tahap komunikasi terapeutik, dan terdapat 14 responden (53,85%), menyatakan puas dengan komunikasi perawat, komunikasi terapeutik perawat berpengaruh nyata terhadap kepuasan pasien ( nilai P < 0,05 ). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam peningkatan komunikasi terapeutik perawat Rumah Sakit THT dan BEDAH PROF. NIZAR agar sesuai dengan harapan pasien.

Date Create:05/09/2013
Type:Text
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-200833015
Collection ID:200833015


Source :
Perpustakaan Esa Unggul

Relation Collection:
Universitas Esa Unggul

Coverage :
Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
Copyright @2013 by UEU Library


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-komunikasi-terapeutik-perawat-terhadap-kepuasanpasien-di-ruang-rawat-inap-rs-tht-dan-bedah-prof-nizar-jakarta-pusat-575.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-575-COVER.pdf - 28 KB
  2.  UEU-Undergraduate-575-LEMBAR_PERNYATAAN.pdf - 16 KB
  3.  UEU-Undergraduate-575-LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf - 16 KB
  4.  UEU-Undergraduate-575-LEMBAR_PENGESAHAN.pdf - 16 KB
  5.  UEU-Undergraduate-575-ABSTRAK.pdf - 7 KB
  6.  UEU-Undergraduate-575-KATA_PENGANTAR.pdf - 8 KB
  7.  UEU-Undergraduate-575-DAFTAR_ISI.pdf - 11 KB
  8.  UEU-Undergraduate-575-DAFTAR_TABEL.pdf - 5 KB
  9.  UEU-Undergraduate-575-BAB_I.pdf - 74 KB
  10.  UEU-Undergraduate-575-DAFTAR_PUSTAKA.pdf - 10 KB
  11.  UEU-Undergraduate-575-LAMPIRAN.pdf - 98 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-575-BAB_II.pdf - 120 KB
  2. UEU-Undergraduate-575-BAB_III.pdf - 75 KB
  3. UEU-Undergraduate-575-BAB_IV.pdf - 89 KB
  4. UEU-Undergraduate-575-BAB_V.pdf - 39 KB
  5. UEU-Undergraduate-575-BAB_VI.pdf - 34 KB
  6. UEU-Undergraduate-575-BAB_VII.pdf - 11 KB

 10 Similar Document...



 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

KEPUASAN , KEPUASAN PASIEN , KOMUNIKASI , KOMUNIKASI TERAPEUTIK , PASIEN , PERAWAT , TERAPEUTIK



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




154652221


Visitors Today : 2
Total Visitor : 1970009

Hits Today : 47388
Total Hits : 154652221

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan