|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Scientific Articles » Public Relation Posted by [email protected] at 04/03/2022 09:11:05 • 586 Views
KOMUNIKASI PARENTING ORANG TUA DAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 1-3 KELURAHAN KEBON MELATI)Created by :
Gina Yulisman ( 20170502182 ) Euis Heryati
Subject: | KOMUNIKASI PEMBELAJARAN | Alt. Subject : | COMMUNICATION LEARNING | Keyword: | Komunikasi Parenting Orang Tua dan Anak Pembelajaran Daring Pandemi |
Description:
Pandemi Covid-19 di Indonesia memaksa terjadinya perubahan pada proses pendidikan yang dipindahkan dari sekolah ke rumah. Hal ini tentunya membuat semua yang bersangkutan harus beradaptasi terutama siswa Sekolah Dasar kelas 1-3. Pembelajaran daring tentunya menjadi cerita baru dalam kehidupan pola pengasuhan orang tua di rumah. Berdasar ulasan dari persoalan di atas maka penelitian ini merumuskan bagaimana komunikasi parenting orang tua dan anak dalam pembelajaran daring saat pandemi covid-19. Metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus tipe II-unit analisis embed dan paradigma post-positivisme. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antar pribadi yang dalam penyampaian pesannya memperhatikan aspek keterbukaan, dukungan, empati, sikap positif dan kesetaraan. yang juga didukung dengan teori parenting. Unit analisis penelitian terdiri dari 6 siswa kelas 1-3, 6 orang tua, serta 12 guru yang berasal dari tiga sekolah berbeda di Kelurahan Kebon Melati dan satu narasumber ahli psikolog anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh informan menerapkan komunikasi parenting authoritarian dipicu dengan adanya pemindahan peran guru disekolah kepada orang tua di rumah dan aspek ekonomi seperti beban membayar internet. Selain itu, proses pembelajaran daring di rumah ternyata juga menimbulkan kekerasan fisik dan verbal pada anak sehingga anak menjadi tidak nyaman untuk belajar, menjadi penakut, mengurung diri, mudah tersinggung dan anak cenderung lebih berani melawan orang tua hingga membuat kedua belah pihak menjadi stres.
Date Create | : | 04/03/2022 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Article-5_0894 | Collection ID | : | 5_0894 |
Source : Tulisan Artikel Ilmiah
Relation Collection: Fakultas Ilmu Komunikasi
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2022 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/komunikasi-parenting-orang-tua-dan-anak-dalam-pembelajaran-daring-saat-pandemi-covid19-studi-kasus-pada-siswa-sekolah-dasar-kelas-13-kelurahan-kebon-melati-23721.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Article-23721-5_0894.pdf - 584 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970001
Hits Today : 29746
Total Hits : 154446074
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|