EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » PGSD
Posted by [email protected] at 06/11/2019 15:39:07  •  946 Views


PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IV

Created by :
DODI SYAHPUTRA TARIGAN ( 201491043 )



SubjectMETODE
BELAJAR
SISWA
Alt. Subject METHOD
STUDY
STUDENTS
KeywordMODEL
PEMBELAJARAN
THINK PAIR SHARE

Description:

Hasil belajar IPS siswa kelas IV C SDN Jelambar Baru 01 Grogol Jakarta Barat masih sanagat jauh dari nilai KKM yang diberikan. Hanya 42% siswa yang aktif dalam proses pembelajaran yang terlihat dari nilai hasil belajar mereka. Rendahnya hasil belajar IPS ini disebabkan karena guru kurang memberikan model belajar yang bervariasi, cenderung guru hanya berpusat pada metode ceramah yang menyebabkan siswa merasa bosan dengan model yang diberika guru. Peneliti disini akan mencoba untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV C SDN Jelambar Baru 01 dengan menngunkana model pembelajaran Think Pair Share. Model ini digunakan oleh peneliti dan berharap akan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IVC sebagai Rumusan masalah dari penelitian ini adalah �Apakah model pembelajaraan kooperatif model think pair share dapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Jelambar Baru 01 Grogol Jakarta Barat?�. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri darim dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklud terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini menggunakan teknok analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil tes siswa, daftar nilai, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terlihat suasana pembelajaran dikelas lebih aktif siswa cenderung mencari jawaban dan berani dalam memberikan pendapat sehingga hasil belajar mereka terlihat sudah mulai meningkat dilihat dari perkembangan dari siklus I didapatkan hasil rata-rata persentase pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 sebesar 70,3%, rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 53%, dan rata-rata observasi siswa sebesar 59,67%. Sementara itu untuk perhitungan siklus II, didapatkan hasil rata-rata persentase hasil belajar IPS pada siswa pertemuan 1 dan 2 sebesar 79,93%, rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 86,5% dan rata-rata observasi aktivitas siswa sebesar 80,33%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Sahare (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IVC SDN Jelambar Baru 01 Grogol Jakarta Barat.

Contributor:
  1. Dra. Endang M. Kurnianti M.Ed
Date Create:06/11/2019
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-201491043
Collection ID:201491043


Source :
Undergraduate Theses of PGSD

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@perpustakaan Universitas Esa Unggul 2019


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/peningkatan-hasil-belajar-ips-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-siswa-kelas-iv-13694.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-13694-HALAMAN JUDUL.Image.Marked.pdf - 130 KB
  2.  UEU-Undergraduate-13694-KEASLIAN.Image.Marked.pdf - 255 KB
  3.  UEU-Undergraduate-13694-PENGESAHAN.Image.Marked.pdf - 312 KB
  4.  UEU-Undergraduate-13694-HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.Image.Marked.pdf - 199 KB
  5.  UEU-Undergraduate-13694-ABSTRAK.Image.Marked.pdf - 297 KB
  6.  UEU-Undergraduate-13694-UCAPAN TERIMA KASIH.Image.Marked.pdf - 198 KB
  7.  UEU-Undergraduate-13694-DAFTAR ISI.Image.Marked.pdf - 235 KB
  8.  UEU-Undergraduate-13694-DAFTAR REFERENSI.Image.Marked.pdf - 201 KB
  9.  UEU-Undergraduate-13694-BABI.Image.Marked.pdf - 217 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-13694-BABII.Image.Marked.pdf - 585 KB
  2. UEU-Undergraduate-13694-BABIII.Image.Marked.pdf - 647 KB
  3. UEU-Undergraduate-13694-BABIV.Image.Marked.pdf - 3391 KB
  4. UEU-Undergraduate-13694-BABV.Image.Marked.pdf - 606 KB
  5. UEU-Undergraduate-13694-BABVI.Image.Marked.pdf - 534 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

MODEL , PAIR , PEMBELAJARAN , SHARE , THINK , THINK PAIR SHARE



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




124218459


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1967720

Hits Today : 76263
Total Hits : 124218459

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using claudebot


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan