 |
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
 Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » PGSD Posted by [email protected] at 06/11/2019 15:39:07 • 1379 Views
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IVCreated by :
DODI SYAHPUTRA TARIGAN ( 201491043 )
Subject: | METODE BELAJAR SISWA | Alt. Subject : | METHOD STUDY STUDENTS | Keyword: | MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE |
Description:
Hasil belajar IPS siswa kelas IV C SDN Jelambar Baru 01 Grogol Jakarta Barat masih sanagat jauh dari nilai KKM yang diberikan. Hanya 42% siswa yang aktif dalam proses pembelajaran yang terlihat dari nilai hasil belajar mereka. Rendahnya hasil belajar IPS ini disebabkan karena guru kurang memberikan model belajar yang bervariasi, cenderung guru hanya berpusat pada metode ceramah yang menyebabkan siswa merasa bosan dengan model yang diberika guru. Peneliti disini akan mencoba untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV C SDN Jelambar Baru 01 dengan menngunkana model pembelajaran Think Pair Share. Model ini digunakan oleh peneliti dan berharap akan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IVC sebagai Rumusan masalah dari penelitian ini adalah �Apakah model pembelajaraan kooperatif model think pair share dapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Jelambar Baru 01 Grogol Jakarta Barat?�. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri darim dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklud terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini menggunakan teknok analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil tes siswa, daftar nilai, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terlihat suasana pembelajaran dikelas lebih aktif siswa cenderung mencari jawaban dan berani dalam memberikan pendapat sehingga hasil belajar mereka terlihat sudah mulai meningkat dilihat dari perkembangan dari siklus I didapatkan hasil rata-rata persentase pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 sebesar 70,3%, rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 53%, dan rata-rata observasi siswa sebesar 59,67%. Sementara itu untuk perhitungan siklus II, didapatkan hasil rata-rata persentase hasil belajar IPS pada siswa pertemuan 1 dan 2 sebesar 79,93%, rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 86,5% dan rata-rata observasi aktivitas siswa sebesar 80,33%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Sahare (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IVC SDN Jelambar Baru 01 Grogol Jakarta Barat.
Contributor | : |
- Dra. Endang M. Kurnianti M.Ed
| Date Create | : | 06/11/2019 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-201491043 | Collection ID | : | 201491043 |
Source : Undergraduate Theses of PGSD
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @perpustakaan Universitas Esa Unggul 2019
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/peningkatan-hasil-belajar-ips-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-siswa-kelas-iv-13694.html
[ Free Download - Free for All ]
UEU-Undergraduate-13694-HALAMAN JUDUL.Image.Marked.pdf - 130 KB UEU-Undergraduate-13694-KEASLIAN.Image.Marked.pdf - 255 KB UEU-Undergraduate-13694-PENGESAHAN.Image.Marked.pdf - 312 KB UEU-Undergraduate-13694-HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.Image.Marked.pdf - 199 KB UEU-Undergraduate-13694-ABSTRAK.Image.Marked.pdf - 297 KB UEU-Undergraduate-13694-UCAPAN TERIMA KASIH.Image.Marked.pdf - 198 KB UEU-Undergraduate-13694-DAFTAR ISI.Image.Marked.pdf - 235 KB UEU-Undergraduate-13694-DAFTAR REFERENSI.Image.Marked.pdf - 201 KB UEU-Undergraduate-13694-BABI.Image.Marked.pdf - 217 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-13694-BABII.Image.Marked.pdf - 585 KB 2. UEU-Undergraduate-13694-BABIII.Image.Marked.pdf - 647 KB 3. UEU-Undergraduate-13694-BABIV.Image.Marked.pdf - 3391 KB 4. UEU-Undergraduate-13694-BABV.Image.Marked.pdf - 606 KB 5. UEU-Undergraduate-13694-BABVI.Image.Marked.pdf - 534 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

       
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970439
Hits Today : 169788
Total Hits : 176996530
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|