Penulisan pantun anak-anak yang ditemukan di Mi Ar-Raudhah kelas IV, siswa masih merasa kesulitan untuk menemukan ide, gagasan, dan juga perasaan untuk menuliskan pantun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui pembelajaran contextual teaching and learning di kelas IV Mi Ar-Raudhah. Metode ini menggunkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Mi Ar-Raudhah yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase keterampilan menulis pantun siswa pada siklus I pertemuan satu sebesar 25,00% dan meningkat pada pertemuan dua sebesar 41,67%, kemudian meningkat pada siklus II pertemuan satu sebesar 70,00% dan meningkat pada pertemuan dua sebesar 83,33%. Selain itu, peningkatan juga terlihat dari hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I pertemuan satu sebesar 57,14% dan meningkat pada pertemuan dua sebesar 64,28%, kemudian meningkat pada siklus II pertemuan satu sebesar 73,21% dan meningkat pada pertemuan dua sebesar 82,14%. Peningkatan juga terlihat dari hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I pertemuan satu sebesar 55,35% dan meningkat pada pertemuan dua sebesar 62,50%, kemudian meningkat pada siklus II pertemuan satu sebesar 73,21% dan meningkat pada pertemuan dua sebesar 80,35%.