|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Master Theses » Magister Administrasi RS Posted by [email protected] at 22/10/2021 14:51:19 • 1248 Views
MODEL PENGEMBANGAN PELAYANAN RUMAH SAKIT DI
ERA COVID-19 DENGAN METODE LEAN HOSPITAL: STUDI KASUS PELAYANAN IGD DI RSIA CINTA KASIHCreated by :
Nida Khoiriah ( 20180309037 )
Subject: | PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT PANDEMI | Alt. Subject : | HEALTH SERVICES HOSPITAL PANDEMIC | Keyword: | IGD Era COVID-19 Lean hospital |
Description:
Latar belakang: Pandemi COVID-19 yang masuk ke Indonesia pada Maret 2020
mengakibatkan perubahan alur pelayanan rumah sakit, terutama IGD. Rumah sakit
diharuskan memisahkan antara pasien infeksius dengan non-infeksius dengan
melakukan prosedur skrining. Dengan berubahnya alur pelayanan rumah sakit
mengakibatkan kesibukan di IGD bertambah. Sedangkan, kesibukan di IGD
merupakan pemicu lamanya waktu pelayanan IGD. Hal ini telah menjadi masalah
global IGD yang juga menjadi masalah kesehatan masyarakat. Beban IGD
bertambah dengan adanya skrining pasien dan pasien transisi yang menunggu
ketersediaan tempat tidur. Proses skrining dan keberadaan pasien transisi
membatasi pasien baru untuk mengakases pelayanan IGD. Lean hospital dapat
mengatasi masalah waktu pelayanan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk
menyusun solusi dalam mengatasi masalah lamanya pelayanan pasien maternal
yang akan rawat inap dari IGD di RSIA Cinta Kasih. Metode: jenis penelitian yang
digunakan adalah Case and Field Study dengan observasi participatory dimana
peneliti melakukan observasi secara langsung kepada 45 pasien maternal yang akan
di rawat inap. Setelah melakukan observasi, peneliti melakukan wawancara
mendalam pada 14 responden terpilih. Peneliti juga memberikan kuisioner yang
berisi pertanyaan dari modifikasi eight waste relationship kepada 14 responden.
Interpretasi data dilakukan secara deskriptif dengan analisa value assessment, dan
menemukan critical waste melalui identifikasi waste berdasarkan hasil observasi
dan wawancara mendalam lalu menghitung dengan waste assessment matrix.
Setelah itu, penggambaran waktu tunggu menggunakan value stream mapping.
Hasil: Waktu pelayanan pasien IGD yang akan di rawat inap adalah selama 4 jam
16 menit. Hasil identifikasi observasi dan wawancara mendalam, critical waste
yang ditemukan adalah waste of waiting. Dengan nilai sebesar 35%. Sedangkan
berdasarkan analisa waste assessment matrix (WAM) critical waste yang
ditemukan adalah waste of human skill dengan nilai sebesar 15,5%. Sehigga dapat
ditarik kesimpulan bahwa critical waste secara keseluruhan pelayanan IGD RSIA
Cinta Kasih di era COVID-19 adalah waste of human skill dan waste of waiting.
Hasil value assessment didapatkan bahwa aktivitas value added sebesar 31%.
Sedangkan untuk aktivitas non-value added adalah 58%, dan aktivitas necessary
but non-value added adalah sebesar 11%. Dengan total PCE (process cycle
efficiency) adalah 31%. Kegiatan tidak bernilai tambah banyak terjadi pada proses
pelayanan IGD saat observasi dan transfer pasien ke rawat inap. Penghitungan
sumber daya juga menunjukkan perlunya penambahan sumber daya manusia demi
mengurangi waktu pelayana IGD di era COVID-19. Kesimpulan: Waste dan
sumber daya yang tidak sesuai dengan demand menyebabkan terjadinya sumbatan
dalam pelayanan IGD sehingga waktu pelayanan pasien IGD di era COVID-19
lebih lama daripada sebelum COVID-19.
Contributor | : |
- Dr. ir. Nofi Erni, MM
- dr. Anastina Tahjoo, MARS
| Date Create | : | 22/10/2021 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Master-20180309037 | Collection ID | : | 20180309037 |
Source : Master Theses of Hospital Administraion
Relation Collection: Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2021 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/model-pengembangan-pelayanan-rumah-sakit-diera-covid19-dengan-metode-lean-hospital-studi-kasus-pelayanan-igd-di-rsia-cinta-kasih-22221.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Master-22221-Cover.Image.Marked.pdf - 122 KB
- UEU-Master-22221-Halaman Pengesahan.Image.Marked.pdf - 501 KB
- UEU-Master-22221-Halaman Persetujuan.Image.Marked.pdf - 568 KB
- UEU-Master-22221-Halaman Pernyataan Keaslian.Image.Marked.pdf - 319 KB
- UEU-Master-22221-Abstrak.Image.Marked.pdf - 361 KB
- UEU-Master-22221-Kata Pengantar.Image.Marked.pdf - 558 KB
- UEU-Master-22221-Daftar Isi.Image.Marked.pdf - 501 KB
- UEU-Master-22221-Daftar Pustaka.Image.Marked.pdf - 572 KB
- UEU-Master-22221-Lampiran.Image.Marked.pdf - 3064 KB
- UEU-Master-22221-Bab1.Image.Marked.pdf - 741 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Master-22221-Bab2.Image.Marked.pdf - 3127 KB 2. UEU-Master-22221-Bab3.Image.Marked.pdf - 872 KB 3. UEU-Master-22221-Bab4.Image.Marked.pdf - 3859 KB 4. UEU-Master-22221-Bab5.Image.Marked.pdf - 1034 KB 5. UEU-Master-22221-Bab6.Image.Marked.pdf - 574 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970017
Hits Today : 28424
Total Hits : 154821423
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|