|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Keperawatan Posted by [email protected] at 02/09/2014 13:44:26 • 2259 Views
PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT
TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP
RS THT DAN BEDAH PROF. NIZAR JAKARTA PUSATCreated by :
L I Y A N A ( 2008 33 015 )
Subject: | PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT
TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP
RS THT DAN BEDAH PROF. NIZAR JAKARTA PUSAT | Alt. Subject : | PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT
TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP
RS THT DAN BEDAH PROF. NIZAR JAKARTA PUSAT | Keyword: | Komunikasi Terapeutik Perawat Kepuasan Pasien |
Description:
Pada profesi keperawatan komunikasi menjadi lebih bermakna karena merupakan metoda
utama dalam mengimplementasikan proses keperawatan. Perawat yang memiliki
ketrampilan berkomunikasi secara terapeutik tidak saja akan mudah menjalin hubungan
rasa percaya dengan klien, mencegah terjadinya masalah legal, memberikan kepuasan
profesional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan
serta citra rumah sakit (Achir Yani), perawat dalam memberikan asuhan keperawatan tidak
terlepas dari (sikap dan perilaku) dalam berkomunikasi dengan pasien yang dapat
mempengaruhi kepuasan pasien, meskipun sarana dan prasarana pelayanan sering
dijadikan ukuran mutu oleh pelanggan namun ukuran utama penilaian tetap sikap dan
perilaku pelayanan yang ditampilkan oleh petugas. Penelitian ini dilakukan diruang rawat
Rumah Sakit THT dan BEDAH PROF. NIZAR Jakarta Pusat pada bulan Februari 2010.
Penelitian ini menggunakan desain potong lintang (Cross Sectional) dengan jumlah
responden 26 pasien untuk diminta pendapatnya tentang kepuasan pasien terhadap
komunikasi terapeutik perawat, dan 26 perawat untuk diminta pendapatnya tentang
pelaksanaan komunikasi terapeutik. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat
untuk menganalisis karakteristik perawat (usia dan pendidikan), pasien (usia, jenis
kelamin, pendidikan, pekerjaan, lama rawat, dan kelas rawat). Analisis bivariat dengan uji
regresi untuk menganalisis pengaruh antara komunikasi terapeutik terhadap kepuasan
pasien. Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden (perawat) berusia 26-35 tahun
yaitu sebanyak 11 responden (42,3%), Responden berpendidikan D3 Keperawatan lulus <
thn 2007 (96,2%). Mayoritas (pasien) berusia 17-27 tahun yaitu sebanyak 22 responden
(85%), mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 13 responden
(50%), mayoritas responden berpendidikan SMA yaitu sebanyak 14 responden (54%),
mayoritas responden pekerjaan sebagai karyawan swasta yaitu sebanyak 15 responden
(57,7%), mayoritas responden lama rawat 3 hari yaitu sebanyak 11 responden (42%),
mayoritas responden kelas rawat kelas 2 yaitu sebanyak 18 responden (69%). Dari uji
regresi terdapat 22 responden (84,6%),menyatakan sering melakukkan tahap � tahap
komunikasi terapeutik, dan terdapat 14 responden (53,85%), menyatakan puas dengan
komunikasi perawat, komunikasi terapeutik perawat berpengaruh nyata terhadap kepuasan
pasien ( nilai P < 0,05 ). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam
peningkatan komunikasi terapeutik perawat Rumah Sakit THT dan BEDAH PROF.
NIZAR agar sesuai dengan harapan pasien.
Date Create | : | 02/09/2014 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-undergraduid_2008 33 015 | Collection ID | : | undergraduid_2008 33 015 |
Source : Undergraduate these health of faculty
Relation Collection: Universitas Esa Unggul
Coverage : Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : copyright2014@esaunggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-komunikasi-terapeutik-perawatterhadap-kepuasan-pasien-di-ruang-rawat-inaprs-tht-dan-bedah-prof-nizar-jakarta-pusat-2946.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-2946-abstrak.pdf - 9 KB
- UEU-Undergraduate-2946-daftarisi.pdf - 14 KB
- UEU-Undergraduate-2946-daftarpustakan.pdf - 12 KB
- UEU-Undergraduate-2946-lampiran.pdf - 100 KB
- UEU-Undergraduate-2946-pengantar.pdf - 10 KB
- UEU-Undergraduate-2946-pengesahan.pdf - 21 KB
- UEU-Undergraduate-2946-pernyataan.pdf - 20 KB
- UEU-Undergraduate-2946-persetujuan.pdf - 21 KB
- UEU-Undergraduate-2946-riwayathidup.pdf - 20 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-2946-bab1.pdf - 73 KB 2. UEU-Undergraduate-2946-bab2.pdf - 111 KB 3. UEU-Undergraduate-2946-bab3.pdf - 75 KB 4. UEU-Undergraduate-2946-bab4.pdf - 88 KB 5. UEU-Undergraduate-2946-bab5.pdf - 38 KB 6. UEU-Undergraduate-2946-bab6.pdf - 33 KB 7. UEU-Undergraduate-2946-bab7.pdf - 13 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 2
Total Visitor : 1970009
Hits Today : 46257
Total Hits : 154651090
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|