EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » Psikologi
Posted by [email protected] at 09/10/2017 13:06:14  •  1228 Views


HUBUNGAN ANTARA RASA AMAN DI SEKOLAH DAN RESPONS BYSTANDER DALAM SITUASI BULLYING PADA SISWA SLTA

Created by :
Aries Yulianto, S.Psi, M.Psi ( - )



SubjectBullying
bystander
school safety
siswa SLTA
Alt. Subject Bullying
bystander
school safety
siswa SLTA
KeywordBullying
bystander
school safety
siswa SLTA

Description:

Saat ini tindakan bullying masih marak terjadi di sekolah, terutama di SLTA. Menurut Craig dan Pepler (2003), bullying adalah aksi fisik dan verbal negative yang memiliki niat bermusuhan, menyebabkan distress pada korban, berulang-ulang, dan melibatkan perbedaan kekuatan antara pelaku dan korbannya. Thapa, Cohen, D�Alessandro, dan Guffey (2012) menemukan bahwa siswa lebih merasa tidak aman di sekolah yang lebih banyak terjadi tindakan bullying. School safety atau rasa aman di sekolah merupakan persepsi siswa terhadap kekerasan dan rasa aman personal di sekolah (Skiba, Simmons, Peterson, & Forde, 2006). Dalam setiap situasi bullying ada 3 pihak yang terlibat, yaitu pelaku, korban, dan bystander. Bystander merupakan orang yang menyaksikan tindakan bullying yang mungkin melakukan atau tidak melakukan sesuatu untuk menghentikan tindakan bullying tersebut (Sullivan, 2000 dalam Entenman, Murnen, & Hendricks, 2005). Dalam situasi bullying, bystander dapat berespons menjadi defender, outsider, atau reinforcer. Penelitian korelasional ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa aman di sekolah dan respons bystander pada kejadian bullying pada siswa SLTA. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 130 siswa SMA dan SMK yang bersekolah di Jakarta dan Depok. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara school safety dan respons defender bystander, r(128) = 0,233, p<0,05. Hasil yang berlawanan diperoleh pada hubungan antara school safety dan respons outsider bystander, r(128) = -0,302, p<0,05. Sementara itu, tidak ada korelasi yang tidak signifikan antara school safety dan respons reinforcer bystander, r(128) = -0,101, p>0,01. Dari penelitian ini disimpulkan adanya hubungan antara rasa aman di sekolah dan respons bystander pada situasi bullying.

Date Create:09/10/2017
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0025
Collection ID:16_0025


Source :
LAPORAN PENELITIAN MANDIRI

Relation Collection:
Fakultas Psikologi

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2017 LPPM


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-antara-rasa-aman-di-sekolahdan-respons-bystander-dalam-situasibullying-pada-siswa-slta-9329.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-9329-16_0025.pdf - 513 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Bullying , SLTA , bystander , safety , school , school safety , siswa , siswa SLTA



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




134096890


Visitors Today : 18
Total Visitor : 1968639

Hits Today : 76202
Total Hits : 134096890

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan