EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » PGSD
Posted by [email protected] at 13/02/2024 10:15:38  •  243 Views


PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN KEBON JERUK 04

Created by :
DIAN ERISA NURMALA CAHYANINGRUM ( 20191101073 )



SubjectHASIL BELAJAR
IPA
MATERI PERUBAHAN
METODE MIND MAPPING
Alt. Subject LEARNING OUTCOMES
SCIENCE
CHANGE MATERIALS
MIND MAPPING METHOD
KeywordMetode Mind Mapping
Hasil Belajar
IPA

Description:

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebon Jeruk 04 dalam pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan metode Mind Mapping pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SDN Kebon Jeruk 04. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebon Jeruk 04 yang berjumlah 29 orang. Hasil belajar siswa pada siklus 1 yang semula 75% menjadi 90%, dengan selisih peningkatan sebesar 15%. Begitupun pada aktivitas guru terdapat perbaikan kualitas dan keefektifan mengajar dengan persentase awal sebesar 65% menjadi 85% pada persentase siklus kedua, terpaut 20% dari persentase awal. Dengan meningkatnya persentase pada kegiatan guru secara otomatis terjadi peningkatan dalam persentase kegiatan siswa yang awalnya 62% pada siklus pertama menjadi 84% pada siklus kedua, terdapat peningkatan sebesar 22%. Peningkatan proses pembelajaran dapat terlihat dari antusias siswa dalam belajar yang pada awalnya siswa merasa bosan dan tidak menyenangkan serta membuat siswa kurang aktif menjadi aktif setelah guru menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping dimana siswa akan belajar secara aktif dan kreatif, maka hasil belajar IPA di SDN Kebon Jeruk 04 dapat meningkat

Contributor:
  1. AINUR ROSYID, S.Pd.I, M.A
Date Create:13/02/2024
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-20191101073
Collection ID:20191101073


Source :
Undergraduate Theses of Teacher training and education science

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2024 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/peningkatan-hasil-belajar-ipa-pada-materi-perubahan-wujud-benda-melalui-penerapan-metode-mind-mapping-pada-siswa-kelas-iv-sdn-kebon-jeruk-04-32302.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-32302-COVER.Image.Marked.pdf - 230 KB
  2.  UEU-Undergraduate-32302-HALAMAN PENGESAHAN.Image.Marked.pdf - 385 KB
  3.  UEU-Undergraduate-32302-HALAMAN PERSETUJUAN.Image.Marked.pdf - 260 KB
  4.  UEU-Undergraduate-32302-HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.Image.Marked.pdf - 405 KB
  5.  UEU-Undergraduate-32302-HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.Image.Marked.pdf - 345 KB
  6.  UEU-Undergraduate-32302-ABSTRAK.Image.Marked.pdf - 217 KB
  7.  UEU-Undergraduate-32302-KATA PENGANTAR.Image.Marked.pdf - 277 KB
  8.  UEU-Undergraduate-32302-DAFTAR ISI.Image.Marked.pdf - 267 KB
  9.  UEU-Undergraduate-32302-DAFTAR PUSTAKA.Image.Marked.pdf - 280 KB
  10.  UEU-Undergraduate-32302-LAMPIRAN.Image.Marked.pdf - 3422 KB
  11.  UEU-Undergraduate-32302-BAB1.Image.Marked.pdf - 372 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-32302-BAB2.Image.Marked.pdf - 593 KB
  2. UEU-Undergraduate-32302-BAB3.Image.Marked.pdf - 745 KB
  3. UEU-Undergraduate-32302-BAB4.Image.Marked.pdf - 585 KB
  4. UEU-Undergraduate-32302-BAB5.Image.Marked.pdf - 308 KB
  5. UEU-Undergraduate-32302-BAB6.Image.Marked.pdf - 217 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Belajar , Hasil , Hasil Belajar , IPA , Mapping , Metode , Metode Mind Mapping , Mind



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




155445471


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970040

Hits Today : 108471
Total Hits : 155445471

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan